Thursday, January 06, 2011

Ilmuwan Menemukan Sup Berumur 2.400 Tahun

Arkeolog menemukan sebuah mangkuk sup penuh tulang yang diperkirakan berumur 2.400 tahun. Saat ini, pengujian sedang dilakukan untuk mengetahui kandungan lengkap dalam mangkuk tersebut. Ketika kandungannya sudah diketahui, kata arkeolog, "Kita bisa mencicipi sup yang mungkin populer 2.400 tahun yang lalu."

Liu Daiyun dari Shaanxi Provincial Institute of Archaeology mengatakan kalau ini adalah pertama kalinya sup tulang ditemukan dalam sejarak arkeologi China. "Penemuan ini penting untuk mengetahui kebiasaan makan serta budaya pada 457-221 SM," katanya.

Mangkuk tersebut ditemukan pada saat para arkeolog menggali kuburan kuno di kota Xian, China. Kota Xian merupakan salah satu kota tertua di China dan disebut-sebut memiliki 3.100 tahun sejarah dan pernah menjadi ibu kota China selama 1.100 tahun. Di kota ini pula pada tahun 1974, para arkeolog menemukan Terracotta Army, sebuah koleksi patung yang menggambarkan tentara Kaisar Pertama China Qin Shi Huang.

Kuburan kuno itu sendiri diangkat untuk keperluan perluasan bandara. Demikian menurut media masa setempat. Meski belum diketahui secara pasti, para arkeolog menerka kalau kuburan itu milik tuan tanah atau tentara berpangkat rendah. Di situ, selain menemukan mangkuk sup, arkeolog juga menemukan kendi berisi cairan yang tidak berbau yang mereka terka sebagai minuman anggur.

Sumber : National Geographic Indonesia

0 comments:

Post a Comment


 
Copyright © 2010 AKAR RUMPUT UNIK. All rights reserved.
Themes by Bonard Alfin l Powered by Blogger

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...